- Advertisement -
FYI

Inilah 7 Penyebab Mobil Overheat!

72views


foto:istimewa

BALIOTOMOTIF.ID overheat pada mobil bisa diartikan suhu mesin mobil lebih tinggi dari pada suhu kerja normalnya.
Dirangkum dari Goodyear Auto Service, pada dasarnya mesin pada mobil-mobil modern dibuat dengan turut mengutamakan daya tahan.
Tapi pada kondisi tertentu mesin mobil bisa saja menghasilkan panas lebih tinggi dari suhu kerja normal sehingga menimbulkan kerusakan permanen pada komponen-komponen di dalamnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penyebab mobil overheat,simak ulasan berikut ini;

1. Cairan Radiator Coolant Habis


foto: istimewa

Habisnya cairan radiator coolant dapat dikatakan sebagai penyebab paling umum terjadinya masalah overheat pada mobil.

Usia radiator coolant bisa dibilang memang cukup panjang, yaitu mencapai 20.000 km. Tapi sebelum jarak tempuh itu tercapai bukan berarti tak perlu melakukan pengecekan.

2. Kerusakan Radiator


foto: istimewa

Penyebab berikutnya ialah kerusakan pada radiator. Seperti diketahui, radiator berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin mobil tetap stabil. Jika radiator mengalami kerusakan atau masalah, dapat dipastikan mesin mobil juga turut bermasalah.

3. Oli Mesin


foto:istimewa

Penggunaan oli mesin yang tak sesuai spesifikasi atau berkualitas rendah cenderung tidak tahan panas dan cepat menguap. Oli ternyata membantu mengontrol suhu secara keseluruhan. Itu sebabnya, level oli mobil yang rendah bisa meningkatkan suhu mesin yang jadi penyebab mobil overheat.

4. Tesmofat Rusak


foto: istimewa

Dijelaskan bahwa termostat bisa dibilang adalah “otak” dari radiator. Komponen ini berfungsi untuk mengetahui suhu mesin mobil.

Bila ini bermasalah, mesin bisa rusak dengan tidak membiarkan cairan pendingin mengalir seperti yang seharusnya.

5. Kipas Radiator Rusak


foto: istimewa

Penyebab mesin mobil overheat yang pertama adalah karena kipas radiator yang rusak atau mati. Padahal, fungsi kipas radiator ini adalah untuk mendinginkan radiator selama mesin menyala. Apabila kipas pendingin ini mati, maka tidak aka nada aliran udara yang bisa mendinginkan coolant pada radiator.

6. Water Pump Mati atau Macet


foto: istimewa

Jika water pump mati atau macet, sirkulasi air pendingin berhenti sehingga mesin jadi overheat karena tidak ada air yang dipompa untuk mendinginkan mesin.

7. BBM yang dipakai tidak sesuai


foto: istimewa

Pemilihan bahan bakar tidak sesuai juga menyebabkan mesin mengalami kenaikan suhu berlebih. Jika BBM tidak cocok, maka bisa membuat knocong dan mesin jadi panas apabila dibiarkan saja.

 

 

Leave a Response

Indah Dwiyanti
Merupakan jurnalis cilik berbakat yang memulai debut menulisnya sejak duduk di bangku SMP. Bercita-cita menjadi jurnalis andal dan kredibel di masa depan.