- Advertisement -
FYI

Hati-hati! Ini Beberapa Penyebab Mobil Terbakar

20views


foto:istimewa

BALIOTO NEWS: Tak hanya oli dan bahan bakar, cairan lain seperti solar, cairan pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil. Mobil terbakar karena timbulnya gas hidrogen pada bagaian mesin mobil terdalam.

Ini beberapa penyebab Mobil terbakar,adalah;

1. Meletak Benda yang Mudah Terbakar


foto:istimewa

Kelalaian adalah hal yang harus di hindari. Banyak benda yang menyebabkan mudah terbakar. Contohnya adalah Kain perca. Kain perca akan berbahaya jika salah diletakkan. Jangan pernah meletak kain perca pada ruang mesin,karena bisa menyebabkan panas dari mesin atau knalpot menyalur ke kain perca.

2. Mesin Mobil mengalami Overheat


foto:istimewa

Jika mesin mobil panas bahkan terlalu panas bisa menyebabkan mobil terbakar. Biasanya pembakaran yang terjadi pada mesin akan menimbulkan mobil mengalami masalah overheat.

3. Kebocoran BBM atau Oli


foto:istimewa

Bahan bakar dan oli adalah jenis material yang mudah terbakar,apalagi terkena pada bagian mesin yang panas. Jika Bahan bakar dan oli bocor lalu mengenai mesin yang panas akan menimbulkan percikan api. Ini adalah masalah yang memicu mobil menjadi terbakar.

4. Kecelakaan Lalu Lintas


foto:istimewa

Banyak hal yang terjadi dilalu lintas yang menyebabkan mobil terbakar. Hal ini sangat wajar karena pada saat kecelakan komponen mobil banyak mengalami kerusakan. Maka agar tidak terjadi kecelakaan,anda harus berkendara dengan hati-hati.

5. Minimnya Perawatan Kendaraan


foto:istimewa

Selain kesalahan dari penggunaan kendaraan,mobil juga dapat terbakar karena tidak ada perawatan yang maksimal. Apabila mobil digunakan secara terus menerus tetapi tidak ada perawatan. Mobil yang tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan kebakaran mesin yang membahayakan.

6. Bagian konverter Katalitik Terbakar


foto:istimewa

Konverter katalitik merupakan alat pengendali emisi buangan yang mengubah gas dan polutan beracun pada gas buangan bahan bakar minyak dan diesel menjadi polutan yang tidak terlalu beracun.

Jika terlalu banyak jumlah polutan juga bisa mengalami overheat,yang berujung kebakaran mobil.

Leave a Response

Indah Dwiyanti
Merupakan jurnalis cilik berbakat yang memulai debut menulisnya sejak duduk di bangku SMP. Bercita-cita menjadi jurnalis andal dan kredibel di masa depan.