- Advertisement -
FYI

Beberapa Tips Memilih Knalpot Racing Terbaik

40views


foto: istimewa

BALIOTO NEWS: Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan peningkatan performa mobil. Tak perlu menyasar pada mesin,cukup Anda bisa mengganti knalpot bawaan pabrikan dengan menggunakan knalpot aftermarket atau knalpot racing.

Selain itu modifikasi knalpot adalah salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan performa mesin mobil tanpa harus mengubah bagian dalamnya. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah bagian pembuangan gasnya.

Ini adalah beberapa Tips Memilih Knalpot Racing yang Terbaik,yakni;

1. Bahan Knalpot


foto: istimewa

Pada umumnya bahan knalpot terbuat dari besi, titanium, dan stainless steel. Bahan besi memiliki kekurangan yang mudah berkarat. Knalpot yang berisiko bocor dan akan mengalirkan secepatnya ke dalam kabin.

knalpot berbahan stainless steel lebih banyak dicari. Karena, bahan ini memiliki ketahanan dari karat atas udara yang keluar dari hasil pembakaran dan kompresi mesin. Jika Anda memiliki anggaran lebih, bahan titanium adalah yang terbaik untuk mobil.

2. Saluran Gas Buang Knalpot

foto: istimewa

Struktur saluran gas buang atau berbeda knalpot pada setiap mobil.Oleh karena itu, sebelum membeli yang baru, harus terlebih dahulu memeriksa terlebih dahulu dan memilihlah knalpot yang memiliki desain sesuai dengan ketentuan umum saluran gas buang kendaraan.

3. Saluran Header Knalpot

foto: istimewa

Header knalpot saluran adalah gas buang yang biasanya satu pipa header untuk satu silinder.

Header bekerja untuk pembuangan yang dimana dihitung sedemikian rupa untuk menjaga tendangan balik dari gas buang mesin dan meningkatkan performa dari mesin tersebut. Header terdapat 2 model untuk mesin 4 silinder yaitu 41 dan 421.

Model header ini di buat agar nafas mesin lebih pendek, dan konfigurasi ini akan membantu tenaga mesin di putaran atas atau merata.

4. Sesuaikan Ukuran Pipa Knalpot


foto: istimewa

Perhatikan perbandingan ukuran antara kapasitas tabung mesin dengan diameter kepala knalpot.

Setiap merek mobil punya ukuran yang berbeda-beda sehingga tidak boleh menggantinya. Kalau Anda bisa mendapatkan perbandingan yang tepat antara ukuran keduanya, maka tak hanya suara garang yang bisa dihasilkan, tapi juga tarikan yang oke.

5. Utamakan Cari Brand Yang Ternama dan Original


foto: istimewa

dekat dengan merek yang sudah terkenal dan terjun lama, merek terkenal dengan kualitas asli memiliki daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi.

Hal itu disebabkan karena pada merek ternama pembuatan knalpot dasar dilakukan dengan menggunakan bahan terbaik. Hanya saja kekurangannya yaitu harganya yang mahal untuk merek dengan kualitas bahan stainless steel dan titanium.

6. Suara Knalpot


foto: istimewa

Memilih suara knalpot merupakan hal yang terbaik sebelum menggantinya, karena ada beberapa suara knalpot yang keras, cempreng dan tidak sedap didengar.

pilihan suara knalpot yang bulat,ngebas, dan tidak mudah pecah pada saat kalian menarik gas atau saat kalian geber

7. Pilih Model Muffer yang Sesuai


foto: istimewa

Knalpot merupakan bagian knalpot dengan fungsi yang mirip dengan resonator. Akan tetapi, muffler hanya memiliki satu fungsi utama yaitu untuk menganggap suara ketika gas buang dikeluarkan.

Muffer yang awalnya memiliki fungsi sebagai suara pembuangan gas buang pada mobil. Jadi, jika ingin mengganti knalpot yang lebih bagus,sebaiknya ganti model muffer sesuai yang Anda inginkan.

8. Sesuaikan Resenator


foto:istimewa

Selain header,Resonator merupakan sebuah komponen mobil yang berfungsi untuk dianggap sebagai suara knalpot. Komponen ini terletak pada exhaust system tepatnya berada di tengah dari sistem itu sendiri

Jadi pastikan kalian memilih knalpot racing yang dilengkapi dengan resonator. Akibat dari salah memilih adalah bisa membuat mesim kendaraan anda rusak/kacau dan penggunaan BBM menjadi lebih boros.

9. Ukuran Leher Knalpot yang Sesuai


foto: istimewa

Ciri-ciri knalpot kendaraan racing terbaik dan berkualitas ada pada bagian knalpotnya. Karena ada beberapa jenis knalpot racing yang lehernya dibuat besar dan kecil.

pilihan, knalpot yang lehernya besar untuk memaksimalkan memudahkan pembuangan sisa pembakaran gas.

10. Hasil Las Knalpot


foto: istimewa

Pengelasan yang dilakukan pabrikan aftermarket atau yang lainnya pasi memiliki hasil yang berbeda-beda. Hasil las yang rapi juga menjadi patokan bahwa kualitas knalpot racing itu cukup bagus.

 

 

 

 

 

Leave a Response

Indah Dwiyanti
Merupakan jurnalis cilik berbakat yang memulai debut menulisnya sejak duduk di bangku SMP. Bercita-cita menjadi jurnalis andal dan kredibel di masa depan.